Renungan Harian Kristen : Perkawinan Di Kana - Hadir Sebagai Duduk Masalah Solver Atau Duduk Masalah Maker

Renungan Harian Nasrani : Perkawinan di Kana

 dan para murid sedang menjadi permintaan dalam pesta perkawinan di Kana Renungan Harian Nasrani : Perkawinan di Kana - Hadir Sebagai Problem Solver atau Problem Maker


Bacaan: Yohanes 2: 1-11

Yesus, Maria, dan para murid sedang menjadi permintaan dalam pesta perkawinan di Kana. Tentu menjadi sebuah hal yang ditakuti semua penyelenggara pesta jikalau terjadi kekurangan minuman atau makanan.

Maria melihat hal itu dan entah mengapa beliau turut memikirkan persoalan itu dan membukakan rahasia itu kepada Yesus, "mereka kehabisan anggur", bisiknya.

Dalam bahasa kini Yesus menjawab, "lalu apa hubungannya dengan saya?" So what?

Ajaibnya Maria eksklusif berkata kepada para pelayan, "apapun yang Dia perintahkan kepadamu, lakukanlah!"

Di luar dugaan Yesus memerintahan pelayan untuk mengisi enam tempayan yang ada di situ dengan air. Dan belakang layar Dia mengubah air itu menjadi anggur kelas satu, tanpa ribut-ribut, tanpa diketahui siapapun. Tiba-tiba saja persoalan yang bukan persoalan Yesus sudah diambil alih menjadi masalah-Nya dan Dia bertindak sebagai problem solver (orang yang memecahkan masalah). Hanya Maria, pelayan-pelayan dan para murid itu yang mengetahui. Dan pesta berjalan terus tanpa timbul kegaduhan sama sekali.

Banyak pertanyaan yang ditimbulkan oleh kisah ini yang tidak terjawab. Siapa yang menikah? Mengapa Yesus diundang? Apakah para murid kenal dengan pengantinnya? Apakah Maria tahu jikalau Yesus akan melaksanakan sesuatu terkait anggur yang kurang, atau Maria bahwasanya hanya memberikan observasinya? Apakah para pelayan menceritakan apa yang terjadi? Apakah para murid melihat sendiri atauhanya mendapatkan dongeng sehabis insiden itu kemudian mereka percaya? Mengapa Yesus menciptakan "tanda" ini sebagai penampilan perdana-Nya? Bukankah ini hal yang sepele dibandingkan dengan karya-karya-Nya yang lain di kemudian hari? Apakah kekurangan anggur merupakan hal yang sangat penting sehingga memerlukan campur tangan ilahi? Apakah sebab "tanda" ini kemudian para murid itu percaya?

"Tanda" yang pertama dari Yesus rupanya membuktikan huruf dan pekayanan-Nya. Yesus tiba ke perkawinan. Anak Manusia, di awal pelayanan publik-Nya, menghadiri sebuah pesta perkaawinan. Apakah tidak ada hal lain yang lebih penting untuk dilakukan? 

Kita semua patut bersyukur sebab Bibel Yohanes mencatat hal ini. Kisah ini menawarkan bahwa tahap-tahap penting dalam hidup insan juga menjadi perhatian Yesus -- Perkawinan, kelahiran, wisuda, ulang tahun, kematian, reuni, temu kangen saudara -- peristiwa-peristiwa yang sanggup menjadi momen kehadiran Tuhan. 

Dia hadir, beliau menghargai transisi hidup kita dari tahap ke tahap. Dia melihat persoalan kasus dan menolong memecahkan masalah, bahkan di dikala kita tidak sepenuhnya menyadari kehadiran Tuhan dalam kehidupan kita.

Kehadiran dan tindakan-Nya bukan hanya dikala terjadi kasus besar saja. Tetapi Tuhan juga bekerja dan bertindak dalam kasus sehari-hari / kecil dalam hidup kita.

Ada sebuah kata bijak yang hingga dikala ini saya pakai. 

"Manusia yang baik, ialah insan yang bisa menjadi solusi bagi persoalan yang ada di sekelilingnya"

Mari sebagai Anak Tuhan, jadikanlah diri kita sebagai solusi dalam setiap permasalahan sehari-hari. Baik dalam pekerjaan, lingkungan, maupun keluarga. Jangan jadikan diri kita pembawa masalah, tetapi bawalah sebuah solusi yang bisa memecahkan masalah. Seberat apapun persoalan itu, percayakan sama Tuhan. Dia penolong yang sejati.

God Bless You

*************

Hallo... Ini ialah Renungan Nasrani Harian pertama di blog ini. Ke depan, Rujend akan rutin untuk membagikan renungan-renungan Nasrani setiap harinya. Semoga kita semua bisa makin terberkati lewat tulisan-tulisan yang dibagikan ya ...

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×